Kanopi Besi atau Baja Ringan Pilih Mana?

Kanopi Besi atau Baja Ringan?

Kanopi Besi atau Baja Ringan, Pilih mana? Rumah merupakan tempat tinggal yang paling nyaman untuk disinggahi. Agar rumah terlihat lebih cantik dan menawan, tentunya kamu bisa menambahkan beberapa komponen penting seperti Kanopi Besi atau Kanopi Baja Ringan untuk tempat teduh kendaraan kamu.

Kanopi Besi dan Kanopi Baja Ringan sudah cukup populer untuk beberapa orang karena bahan yang digunakan cukup awet dan perawatannya mudah. Kamu bisa mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan di toko-toko bangunan.

 

 

Kanopi Besi atau Baja Ringan, Pilih Mana?

Kanopi Besi dan Kanopi Baja Ringan tentu memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegunaannya sehari-hari. Langsung saja yuk kita bahas artikel ini!

Kanopi Besi

Kanopi besi biasa dipakai untuk mereka yang menginginkan kesan mewah dan modern untuk melindungi kendaraan dari sinar matahari langsung.

Kanopi ini memakai besi hollow (besi pipa) sebagai rangkanya. Konstruksi kanopi besi cukup simpel dan gampang memasangnya. Secara kekuatan terhadap angin dan gempa, kanopi besi mempunyai kekuatan yang hampir sama dengan kanopi baja ringan.

Dari segi penampilan, sebab ukurannya yang tebal memang akan terlihat lebih menawan ketimbang baja ringan yang lebih tipis. Kekurangannya yaitu mudah berkarat, sehingga mesti di cat dan dilakukan maintenance secara berkala.

Namun terdapat juga besi hollow galvanis, yang bersifat anti karat dan berwarna putih, otomatis harganya lebih mahal dari besi hollow biasa namun memang secara tampilan lebih bagus.

Pembuatan kanopi besi perlu pengelasan, dan umumnya dilakukan di workshop (tempat produksi), baru kemudian dibawa ke rumah konsumen

 

Kelebihan Kanopi Besi

  • Lebih menawan
    Dari segi konstruksi, kanopi besi mempunyai ukuran yang lebih tebal dibandingkan kanopi baja ringan. Ini membuat kanopi besi terlihat lebih menawan dibandingkan kanopi baja ringan.
  • Awet tahan lama
    Kanopi besi tentu saja memiliki kelebihan tahan lama. Hal ini tentu bisa menghemat biaya perawatan dan biaya penggantian material lainnya.
  • Tahan angin dan gempa
    Kanopi besi juga tahan terhadap angin dan gempa. Tentu saja ini merupakan kelebihan yang dimiliki oleh kanopi besi dan tidak dimiliki oleh kanopi baja ringan, sehingga kendaraan atau beberapa barang yang ada dibawahnya bisa terlindungi dengan baik.

Kekurangan Kanopi Besi

  • Rentan terhadap karat
    Seperti yang kita tahu bahwa besi tentunya mudah berkarat, sehingga inilah yang menjadi kekurangan utama dari Kanopi besi. Namun sekarang sudah banyak cat anti karat untuk kanopi besi.
  • Cat mengelupas
    Seiring berjalannya waktu, cat dari kanopi besi akan mengelupas sehingga tidak enak dipandang. Untuk kamu memerlukan perawatan khusus jika ingin menggunakan kanopi dari besi.
  • Harga mahal
    Jika dibandingkan dengan kanopi baja ringan, kanopi besi cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Namun ini tentu sesuai untuk mendapatkan kesan rumah dengan kanopi yang menawan dan cantik.

Kanopi Baja Ringan

Tidak seperti besi yang tebal, rangka kanopi baja ringan ini sangat tipis, yakni 0, 6-1 milimeter saja. Dengan bobot yang amat ringan dan tampilan yang “ringkih” itu bukan berarti baja ringan tidak lebih kuat dari besi.

Baja ringan mempunyai kekuatan high tensile G-550 Mpa, lebih kuat ketimbang baja biasa. Kelebihan yang lainnya yaitu tahan karat, anti api, dan hampir tidak mengalami muai dan susut.

Dengan demikian bisa dibilang kalau kanopi baja ringan berumur lebih panjang dari kanopi besi. Harga kanopi baja ringan sangat murah, lebih ekonomis dari harga kanopi besi.

Ditambah lagi, kanopi baja ringan tidak membutuhkan perawatan seperti halnya pada kanopi besi, sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk biaya perawatan. Untuk daerah yang rawan gempa, kanopi minimalis baja ringan adalah opsi yang pas.

Kamu bisa mendapatkan beberapa material dari Kanopi Besi dan Kanopi Baja Ringan di beberapa toko bangunan terdekat dan Depo Bangunan untuk mendapatkan kualitas yang baik.

Kelebihan Kanopi Baja Ringan

  • Anti karat
    Kanopi baja ringan tidak rentan terhadap karatan yang bisa membuat besi keropos. Ini berkat campuran dasar dari baja ringan yang terdiri dari zinc dan zinc aluminium sehingga buatnya anti karat. Sebab anti karat, maka pemakaian baja ringan sebagai bahan kanopi akan tahan lebih lama dan bisa lebih menghemat biaya perawatan.
  • Harga lebih ekonomis
    Untuk kamu yang mempunyai budget pas-pasan, kanopi baja ringan sangat cocok untuk dijadikan opsi karena dibanding kanopi besi, baja ringan dapat dibilang lebih ekonomis baik dari segi bahan bakunya maupun pemasangan yang murah dan waktu lebih cepat.
  • Tidak menyusut dan memuai
    Kanopi dengan bahan baja ringan tidak akan berubah rupa karena perubahan cuaca. Kanopi dengan bahan ini anti menyusut serta anti muai sehingga kanopi akan senantiasa terlihat bagus sepanjang waktu. Dengan material yang bukan menyusut dan memuai seiring perubahan cuaca, maka kamu tidak perlu khawatir dengan kanopi kamu menjadi jelek.

Kekurangan Kanopi Baja Ringan

  • Tampilan yang kurang indah
    Alasan kenapa kanopi dengan bahan baja ringan kurang menawan yakni karena struktur kanopi baja ringan perlu didesain sedemikian rupa dan perlu banyak sambungan supaya sanggup menopang beban dan lebih kokoh, semakin berat atap yang dipakai untuk kanopi maka struktur baja ringannya juga semakin rumit.
  • Perlu ketelitian dalam konstruksi struktur
    Sambungan antar komponen pada kanopi baja ringan memakai baut, tidak memakai las seperti besi atau dipaku seperti pada struktur kayu. Sistem baut ini kelemahannya yaitu ia akan kendor seiring waktu jika sering bergoyang. Maka dari itu perlu perhitungan yang teliti untuk pengerjaannya supaya betul-betul kokoh, terutama bila daerahnya sering terjadi angin kencang atau badai.
  • Rentan terhadap penipuan dan permainan harga
    Bila kamu tidak hati-hati dan kurang mengerti tentang konstruksi baja enteng, kamu bisa saja dipermainkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan lebih dari proyek kanopi kamu. Misalnya dari segi kualitas bahan, jarak kuda-kuda, ketebalan struktur dan ketebalan penutup atapnya, dan juga jumlah sambungannya, semuanya itu bisa dikurangi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.